Instagram: @efansamuel
e-mail: efansamuel@gmail.com

October 14, 2012

LP COBOL 1



1. Apa yang kalian ketahui tentang Input-Output section ? 
Jawab : 
Input-Output Section dipergunakan jika dalam pembuatan program mempergunakan file dengan media penyimpanan sekunder baik bebentuk disk maupun printer. 


Bentuk Umum : 

2. Jelaskan perbedaan antara Picture Clause dengan Picture Editing? 
Jawab : 
> Picture Clause : Digunakan untuk menjelaskan bentuk data yang akan dimasukkan, tetapi juga untuk menampilkan bentuk data output.

> Picture Editing : Digunakan untuk melakukan perubahan bentuk dari yang tersimpan (edit data) di dalam memori, sehingga data yang tercetak nantinya akan lebih mudah dimengerti, dibaca, dan mempunyai susunan yang lebih baik dari data aslinya. Berlaku hanya untuk numeric, kecuali Picture editing karakter B. 

3. Sebutkan dan Jelaskan jenis-jenis picture clause dengan Picture Editing? 
> Picture Clause : 
  1. Picture Karakter 9 : Menunjukkan posisi sebuah memory hanya dapat mengandung nilai-nilai numeric saja. Bersifat rata kanan (right justified). 
  2. Picture Karakter V : Menunjukkan letak anggapan dari titik decimal. Karakter ini hanya boleh ada satu dalam setiap picture. 
  3. Picture Karakter P : Digunakan dengan gabungan PICTURE karakter V, yamg digunakan untuk menimbulkan angka 0. 
  4. Picture Karakter S : Digunakan untuk menyimpan nilai data huruf dan untuk menghilangkan nilai “-“, bersifat rata kiri (left justified).
  5. Picture Karakter A : Digunakan untuk menyimpan nilai data huruf, bersifat rata kiri (left justified).
  6. Picture Karakter X : Menunjukkan posisi alphanumeric yang disimpan pada field, dapat berupa gabungan angka, huruf, ataupun karakter khusus, bersifat rata kiri (left justified). 

> Picture Editing : 

  1. Picture Editing Karakter Z : Untuk menghilangkan angka 0 dimuka. 
  2. Picture Editing Karakter $ : Menambahakan karakter $ saat percetakan yang terletak paling ujung kiri. 
  3. Picture Editing Karakter “.” dan koma “,” : Untuk menunjukkan letak posisi dari titik decimal pada saat pencetakan. Dapat dipertukarkan kedudukannya dengan cara mendefinisikan terlebih dahulu. 
  4. Picture Editing Karakter “-“ (minus) : Menambahkan tanda “-“ pada posisi paling kiri pada saat pencetakan jika data aslinya bernilai negative, jika bernilai positif akan digantikan dengan blank. 
  5. Picture Editing Karakter “+” (plus) : Jika data aslinya bernilai positif tanda “+” akan tampak pada posisi paling kiri. Tetapi jika data aslinya bernilai negative, maka yang akan muncul bukan karakter “+” tetapi karakter “-“. 
  6. Picture Editing Karakter DB atau CR :Menambahkan karakter DB atau CR pada posisi paling kanan dimana hanya berlaku untuk data aslinya yang bernilai negative. Jika data bernilai positif tidak akan tampak. 
  7. Picture Editing Karakter B : Khusus untuk mengedit data bukan numeric. Akan menyebabkan nilai blank dimana posisi B itu berada. 
  8. Picture Editing Karakter “*” (asterisk) : Untuk menggantikan nilai 0 (nol) yang muncul pada posisi paling kiri dengan karakter “*”. 
  9. Picture Editing Karakter 0 (nol) : Untuk menyisipkan karakter 0 pada posisi dimana karakter 0 itu berada. 
  10. Picture Editing Karakter “/” (slash) : Untuk menyisipkan karakter / pada posisi dimana karakter / itu berada. 

4. Buatlah contoh coding Program Picture Clause dengan Picture Editing? 

> Program Picture Clause and Program Picture Editing 
> Contoh :





No comments:

Post a Comment