Instagram: @efansamuel
e-mail: efansamuel@gmail.com

January 9, 2015

Mobil dengan Teknologi Parkir Pintar (Active Park Assist)



Teknologi di industri permobilan mengalami perkembangan pesat. Berbagai inovasi dihadirkan untuk memberikan kenyamanan, keamanan, hingga menciptakan pengendaraan yang lebih berkualitas. Berbicara teknologi, banyak yang dimulai dari mimpi. Misalkan saja dulu tidak pernah terpikir mobil dapat parkir sendiri atau antar-kendaraan bisa 'berkomunikasi' untuk menghindari kecelakaan. Tapi, sekarang semuanya sudah terwujud, bahkan hingga ke teknologi yang memungkinkan pengereman dilakukan secara otomatis, ketika berhadapan dengan kendaraan lain. Semua teknologi itu tentunya membuat mobil semakin bermanfaat bagi kehidupan manusia dan lingkungan.

Lexus termasuk perusahaan yang pertama kali mengaplikasikan teknologi parkir pintar ini. Terakhir, Ford Motor Company (FMC) mengenalkan Active Park Assist yang akan diaplikasi pada Lincoln MKS sedan dan MKT crossover. Teknologi ini menggunakan sistem sensor ultrasonic dan electric power assisted steering (EPAS) untuk memposisikan secara otomatis kendaraan, dengan cara mengkalkulasi dan mengoptimalkan sudut lingkar kemudi saat melakukan parkir paralel.


Pengemudi cukup menekan tombol Active Park Assist dan mobil bisa secara cepat, mudah, dan aman memarkir kendaraan tanpa perlu menyentuh lingkar kemudi. Tampilan visual atau audio akan memberitahukan pengendara terhadap jarak dengan mobil lain, obyek, atau orang.

Berikut ini adalah salah satu gambaran parkir pintar ala All New Ford Focus :


> Fitur tercanggih All New Ford Focus :

1. Fitur-fitur pintar itu adalah Active Park Assist, dengan hanya menekan tombol, pengendara All-New Focus dapat melakukan parkir paralel dengan mudah, benar-benar tanpa campur tangan pengendara. Sistem pintar ini menggunakan sensor di sekeliling Focus untuk membantu mengidentifikasi tempat parkir yang memungkinkan kemudian mengendalikan mobil ke area tersebut. Pengendara cukup mengendalikan gas, rem dan roda gigi.
2. Kedua, Duratec Ti-VCT 1.6 liter bertenaga 125 PS dan torsi 159 Nm. Dilengkapi dengan transmisi otomatis 6-percepatan atau ada pilihan transmisi manual 5-percepatan.
3. Yang lebih hebat lagi adalah sistem audio yang dioperasikan menggunakan Windows 8, Windows Phone, Windows Azure, Bing, dan Ford Sync. Tak ketinggalan, tersematkan fitur Viper SmartStart aplikasi--bisa mengoperasionalkan mobil dari jarak jauh melalui Windows Phone.

Source :
http://www.ford-id.com/2012/05/all-new-ford-focus-dengan-otomatis.html

No comments:

Post a Comment