Instagram: @efansamuel
e-mail: efansamuel@gmail.com

March 19, 2014

KUTIPAN DAN CATATAN KAKI


I. PENGERTIAN ANTARA KUTIPAN DAN CATATAN KAKI
A. KUTIPAN
a) DEFINISI
Kutipan adalah pendapat dari seorang pengarang atau seseorang, baik berupa tulisan dalam buku, majalah, surat kabar, atau bentuk tulisan lainnya, mau pun dalam bentuk lisan.

b) TUJUAN DAN FUNGSI
Ø Tujuan kutipan dalam tulisan ilmiah, baik berupa artikel, karya tulis, skripsi, tesis, dan disertasi selalu terdapat kutipan. Kutipan adalah pengokohan argumentasi dalam sebuah karangan. Seorang penulis tidak perlu membuang waktu untuk menyelidiki suatu hal yang sudah dibuktikan kebenarannya oleh penulis lain, penulis cukup mengutip karya orang lain tersebut.
Ø Fungsi kutipan adalah sebagai landasan teori, penguat pendapat penulis, penjelasan suatu uraian, bahan bukti untuk menunjang suatu pendapat, memudahkan pembedaan data pustaka dan ketergantungan tambahan, Meningkatkan estetika penulisan, Memudahkan peninjauan kembali penggunaan referensi, dan memudahkan penyuntingan naskah yang terkait dengan data pustaka.

c) JENIS KUTIPAN
Ø Kutipan langsung
Ø Kutipan tidak langsung
Ø Kutipan pada catatan kaki
Ø Kutipan atas ucapan lisan
Ø Kutipan dalam kutipan
Ø Kutipan langsung pada materi

B. CATATAN KAKI
a) DEFINISI
Catatan kaki adalah daftar keterangan khusus yang ditulis di bagian bawah setiap lembaran atau akhir bab karangan ilmiah. Catatan kaki biasa digunakan untuk memberikan keterangan dan komentar, menjelaskan sumber kutipan atau sebagai pedoman penyusunan daftar bacaan/bibliografi.

b) TUJUAN
Tujuan catatan kaki dalam tulisan ilmiah, baik berupa artikel, karya tulis, skripsi, tesis, dan disertasi selalu terdapat kutipan. Catatan kaki memiliki tujuan sebagai pemenuhan kode etik yang berlaku, sebagai penghargaan terhadap orang lain, pendukung keabsahan penemuan atau pernyataan penulis yang tercantum di dalam teks atau sebagai petunjuk sumber, tempat memperluas pembahasan yang diperlukan tetapi tidak relevan jika dimasukkan di dalam teks, penjelasan ini dapat berupa kutipan pula, referensi silang, yaitu petunjuk yang menyatakan pada bagian mana/halaman berapa, hal yang sama dibahas di dalam tulisan dan tempat menyatakan penghargaan atas karya atau data yang diterima dari orang lain.

II. PERBEDAAN ANTARA KUTIPAN DENGAN CATATAN KAKI
Perbedaan kutipan dengan catatan kaki dibedakan dari segi tempat penulisannya yaitu, kutipan berada di bagian badan cerita, sedangkan catatan kaki terletak pada margin bawah pada halaman buku. Selain itu Kutipan dan Catatan kaki memiliki fungsi penggunaan yang sama yaitu sebagai penunjang/pendukung pendapat/pernyataan penulis, namun kutipan hanya digunakan untuk memperkuat pendapat penulis melalui teori – teori yang sudah ada, sedangkan catatan kaki memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai suatu pernyataan orang lain yang digunakan yang diletakkan terpisah dari pendapat penulis. Tempat memperluas pembahasan yang diperlukan diletakkan di akhir halaman karena tidak relevan jika dimasukkan di dalam teks.

III. CONTOH DARI KUTIPAN DAN CATATAN KAKI


*Contoh kutipan pada catatan kaki.


*Beberapa contoh catatan kaki.

Sumber:
Ø Sukanto Reksohadiprodjo & T. Hani Handoko, Edisi 2 Organisasi Perusahaan, BPFE, Yogyakarta, 1986.
Ø Iwan K. Kosasih & Eva Kristiaman, Berani Berbuat Berani Bertanggung Jawab, Menemani-CV Garam dan Terang Dunia, Jakarta, 2013.

No comments:

Post a Comment