Instagram: @efansamuel
e-mail: efansamuel@gmail.com

October 14, 2013

Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar


TUJUAN PENULISAN : PERSUASI
Dalam perkuliahan semester 5 ini, saya mendapatkan mata kuliah Bahasa Indonesia sebagai softskill/mata kuliah penunjang menjelang penulisan PI dan skripsi, dimana tujuan dari pembelajaran ini adalah mampu menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Pada kesempatan mendapatkan mata kuliah Bahasa Indonesia menjelang penulisan PI dan Skripsi sangatlah menguntungkan buat saya dan mahasiswa/i lainnya yang duduk di semester ini. Oeh karena itu untuk bisa memenuhi tujuan pembelajaran ini, terdapat 9 unsur pendukung penulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, sebagai berikut:

9 UNSUR/FAKTOR PENDUKUNG PENULISAN BAHASA INDONESIA YANG BAIK:
1. Ragam Bahasa
2. Ejaan
3. Diksi
4. Kalimat
5. Alinea & Pengembngannya
6. Perencanaan Penulisan Karangan Ilmiah
7. Kerangka Karangan
8. Kutipan & Catatan Kaki
9. Abstraksi & Daftar Pustaka

TUJUAN
Supaya mampu menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan dan terutama tulis, sebagai pengungkapan gagasan ilmiah.

PERTANYAAN DAN JAWABAN
Apakah dengan menguasai 9 unsur/faktor diatas dapat memenuhi tujuan dari menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis?

Menurut pendapat saya, secara teori ke 9 unsur/faktor diatas dapat memenuhi tujuan menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis. Jika kita dapat memenuhi 9 unsur/faktor tersebut otomatis tujuan diatas akan terpenuhi terutama secara tulis sebagai pengungkapan gagasan ilmiah. Namun dalam penerapan kehidupan sehari-hari belum sepenuhnya ke 9 unsur tersebut berhasil dipenuhi karena dalam kehidupan sehari-hari hampir mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan bahasa yang tidak baku atau menggunaan bahasa daerahnya masing-masing, apalagi dikalangan remaja yang lebih condong menggunakan bahasa gaul dengan aneka bahasa baru yang di ciptakan bahkan jika kita cari di kamus bahasa Indonesia tidak akan di temukan kata-kata baru tersebut. Dampak dari bahasa gaul sangat mempengaruhi cara bertutur kata, apalagi sekarang ini bahasa gaul sudah menjadi gaya hidup bagi beberapa orang, terutama di kalangan anak-anak remaja yang berada pada jenjang pendidikan SMP, SMA sampai Perguruan Tinggi. Alhasil sebagian besar anak-anak remaja yang berada pada jenjang pendidikan SMP, SMA, maupun perguruan tinggi yang ingin membuat tugas, laporan, prakarya ilmiah, skripsi, dan lain sebagainya akan mengalami kesulitan sehingga harus melihat kembali catatan atau cara-cara penulisan bahasa Indoneisa yang baik dan benar. Oleh karena itu sebaiknya penggunaan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar dikalangan pelajar digunakan secara intensif dan di terapkan sejak dini, bukan hanya di pelajari namun di terapkan dalam kehidupan sehari-hari, karena jika kita hanya mempelajari namun tidak menerapinya sama saja tidak akan berguna. Jangan karena ingin mengikuti gaya hidup membuat kita menggunakan bahasa Indonesia yang tidak baik dan benar yang alhasil dapat menyulikan diri kita sendiri.

No comments:

Post a Comment