Instagram: @efansamuel
e-mail: efansamuel@gmail.com

October 11, 2014

TELEMATIKA DAN ARAH PERKEMBANGANNYA DI MASA DEPAN




DEFINISI TELEMATIKA SERTA PEMANFAATANNYA

> DEFINISI TELEMATIKA
Telematika berasal dari bahasa perancis “Telematique” yang merujuk pada bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Telematika merupakan gabungan dua kata yaitu Telekomunikasi dan Informatika. Maka definisi Telematika itu sendiri adalah Sebuah sistem komunikasi jarak jauh yang menyampaikan informasi satu arah, maupun timbal balik, dengan sistem digital dan lebih mengacu kepada industri yang berhubungan dengan penggunaan komputer dalam sistem telekomunikasi. Sehingga dapat disimpulkan Teknologi yang memanfaatkan informasi dan telekomunikasi disebut Telematika.

> MANFAAT TELEMATIKA
  • Telematika digunakan sebagai penyampai informasi kepada seseorang atau beberapa orang, agar orang yang melakukan komunikasi menjadi lebih tahu dari pada sebelumnya. Dengan Telematika kita dapat lebih mudah untuk mendapatkan informasi maupun bertukar informasi.
  • Telematika dapat digunakan sebagai penghubung antar masyarakat yang tersebar di mana-mana, walaupun dengan wilayah yang berbeda. Sehingga Telematika dapat menjembatani proses interaksi sosial.
  • Dengan telematika, proses komunikasi menjadi mudah dan cepat, sehingga mudah pula untuk menyebarkan informasi dari satu daerah ke daerah lain. 
  • Meningkatkan Pendapatan Telematika digunkan  sebagai sarana untuk mempromosikan sebuah produk dan mempermudah transaksi dalam berbisnis dan juga meningkatkan pendapatan bagi perseorangan, dunia usaha bahkan negara dalam bentuk devisa hasil ekspor jasa dan produk industri telematika.
  • Pemersatu bangsa. Teknologi telematika mampu menyatukan bangsa melalui pengembangan sistem informasi yang menghubungkan semua institusi dan area dengan cepat tanpa terhalang jarak daerah masing-masing.

PERKEMBANGAN TELEMATIKA DALAM TEKNOLOGI INFORMASI BESERTA CONTOHNYA

> PERKEMBANGAN TELEMATIKA
Istilah telematika pertama kali digunakan pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya L'informatisation de la Societe. Istilah telematika yang berasal dari kata dalam bahasa Perancis telematique merupakan gabungan dua kata telekomunikasi dan informatika. 

Di Indonesia, perkembangan telematika mengalami tiga periode berdasarkan fenomena yang terjadi di masyarakat. Pertama adalah periode rintisan yang berlangsung akhir tahun 1970-an sampai dengan akhir tahun 1980-an. Periode kedua disebut pengenalan, rentang wktunya adalah tahun 1990-an, dan yang terakhir adalah periode aplikasi. Periode ketiga ini dimulai tahun 2000. 

Dulunya perkembangan Telematika belum berkembang sangat pesat di negara Indonesia, Indonesia termasuk dalam Negara tertinggal, namun dengan seiring perkembangan zaman Indonesia mengalami kemajuan yang sangat pesat, karena telah banyak bermuculan produk-produk IT yang lebih kecil, cepat dan efisien dengan format-format unik yang berbeda dan muktahir, misalnya komputer tabletTablet ini merupakan komputer portabel lengkap dengan sistem operasi yang seluruhnya berupa layar sentuh datar. Dengan kecanggihan tablet ini aplikasi-aplikasi yang biasa digunakan atau hanya bisa digunakan didalam laptop ata PC, bisa digunakan didalam tablet. Selain itu komputer portabel ini lebih praktis untuk dibawa kemana-kemana dengan ukuran dan beratnya yang ringan dibandingkan dengan laptop ataupun PC sehingga dapat memudahkan pengguna dalam mencari infromasi, bertukar informasi, mengerjakan tugas dan lain sebagainya.

> CONTOH TEKNOLOGI TELEMATIKA
  • BIDANG KOMUNIKASI : Pemanfaat telematika di bidang komunikasi salah satunya adalah Smartphone yang kita gunakan untuk berkomunikasi adalah salah satu contoh nyata dari perkembangan teknologi telematika dibidang komunikasi. Dengan adanya smartphone memudahkan berkomunikasi, bertukar dan mecari informasi tanpa dibatasi oleh jarak ataupun wilayah.
  • BIDANG PENDIDIKAN : Pemanfaat telematika di bidang pendidikan salah satunya adalah E-learning yang merupakan contoh dari berkembangnya dunia pendidikan. Perkembangan e-learning didukung dengan banyaknya web pendidikan, buku elektronik dan perpustakaan online yang dibangun untuk memudahkan pengaksesan oleh siapapun yang ingin belajar tanpa dibatasi oleh umur.
  • BIDANG PEMERINTAHAN : Pemanfaat telematika di bidang pemerintahan salah satunya adalah E-goverment yang dihadirkan dengan maksud untuk administrasi pemerintahan secara elektronik. Dengan e-goverment, pemerintah dapat menjalankan fungsinya melalui sarana internet yang tujuannya adalah memberi pelayanan kepada publik secara transparan sekaligus lebih mudah, dan dapat diakses (dibaca) oleh komputer dari mana saja.
  • BIDANG EKONOMI : Pemanfaat telematika di bidang ekonomi salah satunya adalah E-commerce. Dengan e-commerce semua proses transaksi perdagangan dilakukan secara elektronik. Mulai dari memasang iklan pada berbagai situs atau web, membuat pesanan atau kontrak, mentransfer uang, mengirim dokumen dan lain sebagainya. 

PERKEMBANGAN TELEMATIKA DI MASA YANG AKAN DATANG

Seiring dengan kemajuan teknologi, perkembangan telematika di masa yang akan datang pasti bertambah pesat sehingga masyarakat harus bisa mengikutinya. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi juga tidak akan kalah dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi saat ini. Setiap individu bisa saja mengembangan teknologi telematika ini, asalkan individu tersebut menaati aturan norma-norma yang ada sehingga tidak merugikan orang lain. Teknologi yang berkembang sangat pesat saat ini tidak menutup kemungkinan untuk mewujudkan ide-ide mutahir seperti :

> FLYING CAR


Ketika anda berada dalam situasi macet parah pasti anda akan berfikir seandainya ada mobil terbang yang dapat menghindari kemacetan. Dan ternyata teknologi ini sedang dikembangkan manusia yang dalam waktu dekat memang hal tersebut akan benar-benar terjadi.

> NANOTEKNOLOGI


Nanoteknologi adalah teknologi masa depan yang dapat membantu manusia untuk memanipulasi partikel-partikel kecil yang hanya seukuran atom. Nanometer mempunyai ukuran 1 per semilyar meter yang mungkin sangat kecil sekali dan sulit di pegang dengan tangan kosong. Sebagai tujuannya nanoteknologi diperkirakan mampu menciptakan material-material baru di masa depan, seperti baju anti kusut dan tahan noda. Kita juga bisa menciptakan robot berukuran bakteria, nanobots, dan memasukanya ke dalam tubuh manusia. Fungsinya bisa dari menyembuhkan penyakit, menghancurkan sel-sel kanker, bahkan memperkuat tubuh manusia. Nanobots ataupun nanoparticles bahkan nantinya diperkirakan juga akan bisa kembali menutup lubang ozon.

> SPACE ELEVATOR


Space Elevator atau Tangga Luar angkasa ini yang sedang giat-giatnya dikembangkan oleh Negara jagoan robot dunia yaitu Jepang. Ini merupakan elevator ruang angkasa seperti lift yang sangat tinggi dari bumi menuju ke orbit bumi di luar angkasa. Dengan lift ini perjalanan ke orbit bumi akan menjadi lebih mudah, dan murah. Lift ini awalnya hanya berupa khayalan, tapi ternyata dengan ditemukannya sebuah teknologi baru, hal ini menjadi sangat memungkinkan diwujudkan. Teknologi itu adalah Carbon nanotube, material baru yang dikatakan lebih kuat dari intan dan lebih ringan dari baja. Hal ini nantinya akan memungkinkan dimulainya era baru dalam penjelahajan ruang angkasa.

Source : 

No comments:

Post a Comment