Instagram: @efansamuel
e-mail: efansamuel@gmail.com

November 4, 2012

PROSES ORGANISASI (Part 3)



PROSES EVALUASI PRESTASI 
Prestasi individu menjadi bagian dari prestasi kelompok yang pada gilirannya menjadi bagian dari prestasi organisasi. Tidak ada suatu ukuran atau kriteria yang memadai yang dapat mencerminkan prestasi suatu tingkatan. 

Proses evaluasi prestasi didalam organisasi menunjukan bahwa prestasi individu, kelompok, dan organisasi adalah suatu hasil atau variabel bergantung dari prilaku organisasi, struktur dan proses. Sistem yang diterapkan untuk mengevaluasi prestasi membantu maksud-maksud seperti penentuan imbalan (upah, promosi, dan alih tugas), identifikasi kebutuhan akan pelatihan (training), penyediaan balikan bagi para pegawai dan lain-lain. Sebenarnya banyak sekali metode yang dapat dimanfaatkan untuk mengevalusi prestasi sehingga merupakan tantangan tersendiri untuk memilih yang terbaik dari yang baik-baik. Dalam melakukan pengevaluasian sebaiknya diperhatikan hal-hal sebagai berikut : 
1. Maksud dan evaluasi kerja 
2. Evaluasi kerja dan evaluasi 
3. Apa yang akan di evaluasi 
4. Siapa yang seharusnya akan di evaluasi 
5. Bagaimaa metodenya 
6. Masalah potensial 
7. Bagaimana mengatasi masalah 

PROSES SOSIALISASI DAN KARIR 
Proses sosialisasi adalah suatu proses dimana kita dapat bergaul dalam suatu komunitas tertentu maka disitulah proses sosialisasi akan terjadi. Sedangkan karir adalah suatu deretan posisi yang di duduki oleh seseorang selama perjalanan usianya. 

Individu memasuki organisasi untuk bekerja dan merintis tujuan karir pribadi mereka. Organisasi mempekerjakan individu-individu untuk melaksanakan pekerjaan tertentu yaitu pekerjaan menurut struktur organisasi itu. Jadi kepentingan individu dan organisasi serta tujuannya harus disesuaikan jika keduanya ingin effektif.proses penyadaran individu akan harapan organisasi disebut sosialisasi, pengembangan karir dan sosialisasi adalah dua aktifitas yang saling berkaitan yang memberikan dampak pada prestasi baik prestasi organisasi maupun prestasi individu.

Referensi :
Sukanto Reksohadiprodjo dan T. Hani Handoko. 2008. Organisasi perusahaan: Teori Struktur dan Perilaku. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

No comments:

Post a Comment